Tingkatan Manajemen Pada Perpustakaan

Tingkatan Manajemen Pada Perpustakaan - Manager, istilah manager digunakan untuk seseorang yang bertanggung jawab atas kegiatan ybawahan dan sumber daya lainnya dalam organisasi. Jenis manager berbeda satu sama lain sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diembannya.
Tingkatan Manajemen Pada Perpustakaan


Tingkatan manager hierarki

 
Manager Puncak (top manager)
adalah orang yang bertanggung jawab atas keseluruhan kegiatanan organisasi. Banyaknya sebutan lazim untuk manager puncak adalah : chief executive officer(CEO)/ direktur utama. Tugasnya adalah menetapkan tujuan , menyususn strategi, kebijakan organisasi, dan merupakan wakil organisasi untuk mengadakan hubungan keluar organisasi seperti pertemuan dengan pemerintah dan badan badan lainnya. Pada Perpustakaan Top manager adalah Kepala Perpustakaan.  Tingkatan Manajemen Pada Perpustakaan
 
Manager menengah (middle managers)
tanggung jawab manager ini adalah mengarahkan kegiatan manager lain dan kadang kadang mengarahkan pekerjaan operasional. Bertanggung jawab mengarahkan kegiatan pelaksanaan kebijakan organisasi dan menyesuaikan tuntutan atasan dengan kecakapan bawahan. Pada Perpustakaan Midle Manager adalah Kepala Bidang Sirkulasi, katalogisasi, Pengadaan, Administrasi dan Kepada Bidang Pelayanan. Tingkatan Manajemen Pada Perpustakaan

Manager lini pertama (lower manager)
manager ini adalah tingkat yang paling rendah dalam organisasi. Manager ini bertanggung jawabn atas pekerjaan orang ;lain. Manager ini hanya membawahi pekerjaan operasional seperti mandor. Pada Perpustakaan Manajer Lini Pertama adalah Pekerja Teknis pada Perpustakaan.

Fungsi utama management
 
Management administrative
manajemen yang lebih berurusan dengan penetapan tujuan dan kemudian perencanaan, pembagian,/pengelompokkan pekerjaan, penyusunan kepegawaian dan pengadilan kegiatan yang terkordinasi untuk mencapai tujuan. Tingkatan Manajemen Pada Perpustakaan
 
Manajermen operatif|
manajemen yang mencakup kegiatan memotivasi, supervise, dan komunikasi dengan para karyawan untuk mengarahakan mereka untuk mencapai hasil secara efektif.

Berdasarkan lingkup kegiatan organisasi


Manajer fungsional = yang bertanggung jawab pada satu kegiatan organisasi, misalnya pada perpustakaan, katalogisasi, atau klasifikasi, oengadaan koleksi dan pelayanan sirkulasi.

Manajer umum = mempunyai bawahan yang lebih rumit karena bertanggung jawab atas semua kegiatan unit yg pimpinnya. Misalnya manager cabang bertanggun gjawab atas semua kegiatan unit cabang seperti pengolahan koleksi, pengadaaan dan pelayanan sirkulasi.
 
Tingkatan Manajemen Pada Perpustakaan
Tingkat keterampilan manajemen ada 5 yaitu ; keterampilan konseptual, keterampilan manusiawi, keterampilan teknis, keterampilan diagnostic, dan keterampilan menganalisa.
Tingkatan Manajemen Pada Perpustakaan
Demikian artikel mengenai Tingkatan Manajemen Pada Perpustakaan semoga bermanfaat. 

0 Response to "Tingkatan Manajemen Pada Perpustakaan"

Post a Comment